Iqro Bil Qolam, Buku Ajar untuk Menulis huruf al qur’an

Ahyan-arif.com. Setiap orang tua muslim pasti berharap anaknya kelak menjadi orang yang taat dan patuh terhadap ajaran yang telah dianutnya yaitu Islam. Salah satu bentuk kepatuhan bagi kaum muslimin adalah dengan mengimani dan mengamalkan ajaran yang termaktub dalam kitab suci Al-Qur’an yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw dari Allah melalui perantara malaikat Jibril a.s.

Secara umum pendidikan al-quran baik di lembaga formal maupun nonformal saat ini kita lebih banyak menjumpai anak-anak diajarkan bagaimana mereka bisa membaca dan menghafal isi dari kitab suci al-qur’an dan sangat sedikit yang mengajarkan bagaimana mereka juga mahir dalam menuliskan huruf, kata dan kalimat dalam kitabullah tersebut.

Fenomena di atas kini sudah menguak sebuah titik terang dengan lahirnya ide dari ulama-ulama kita untuk membuat sebuah metode bagaimana agar anak-anak kita selain bisa membaca dan menghafal, pun mereka bisa menuliskan apa yang mereka baca atau hafal tersebut. Salah satu metode yang populer saat ini adalah melalui buku Iqra bil Qalam yang diciptakan (sekaligus pemegang hak cipta) oleh FARZA’IN asal Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Metode dari buku Iqro bil Qalam ini sangat efektif dan inovatif serta berbeda dengan metode yang lain dimana anak-anak akan dilatih menuliskan huruf demi huruf, kata demi kata bahkan kalimat demi kalimat melalui langkah-langkah yang sistematis dan tidak membosankan bagi anak-anak.

Adapun gambaran metode ajar penulisan huruf alqur’an pada buku ini adalah “follow the line” yang artinya mengikuti garis dari huruf-huruf buram yang tersedia untuk menuliskan huruf acuan yang jelas sebagai soalannya. Di samping itu, pada huruf acuan juga telah di berikan garis panduan untuk menarik garis yang ditandai dengan arah panah pada ujung garis.

Adapun langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam memulai penulisan pada buku Iqra bil Qalam ini adalah sebagai berikut :

  1. Harus suci dari najis dan hadas (untuk anak-anak yang belum aqil balig sebaiknya persyaratan ini tetap bisa dilakukan sebagai proses pembelajaran).
  2. Sejak awal sebaiknya ustadz menyadarkan pada anak-anak bahwa mereka sedang berlatih menulis kalam llahi (terutama jika sudah memasuki penulisan Al-Qur’an yang sebenarnya –dimulai dari surat Al-Fatihah)
  3. Penulisan sebaiknya dilakukan di atas meja atau alas yang rata; tidak dibenarkan menulis tanpa alas yang datar.
  4. Gunakan ballpoint berwarna hitam. Tidak dibenarkan dengan berwarna selain hitam. Buku ini dirancang khusus untuk penulisan dengan menggunakan ballpoint atau potlot dengan tingkat ketajaman minimal 2B. Jangan menggunakan pena dengan tinta cair isian atau spidol.
  5. Arah penulisan dimulai dari Kanan atas menuju ke Kiri atau Bawah. Tidak dibenarkan menulis dari arah sebaliknya (dari kiri bawah ke kanan atas; atau dari kiri atas ke kanan bawah) meskipun bagi mereka yang kidal.
  6. Penulisan harus dilakukan secara berurutan; tidak dibenarkan menulis secara acak atau terpencar-pencar.
  7. Satu halaman dirancang untuk 1 kali pertemuan/1 kali waktu penulisan.
  8. Jika sudah memasuki penulisan Al-Qur’an (Juz ‘Amma), maka penyelesaian penulisan harus diselesaikan minimal dalam satu surat.
  9. Buku ini dirancang untuk mereka yang sudah bisa membaca Al-Qur’an tapi belum bisa menulis Huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar. Atau bisa juga untuk mereka yang belum bisa membaca sama sekali, dengan cara menulis terlebih dahulu, kemudian membaca hasil tulisannya itu dengan bimbingan Guru ngaji.
  10. Setiap selesai menulis 1 halaman, Ustadz harus mengkoreksinya dan membubuhkan tandatangannya di kolom yang tersedia sebagai bukti bahwa halaman tersebut sudah ditashih.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video review tentang Iqro Bil Qolam berikut ini :

Demikianlah Gambaran singkat dari buku Iqra bil Qolam ini dan saya rasa buku ini sangat direkomendasikan untuk media belajar menulis huruf-huruf dari kitab suci Al-qur’an. Jika berminat dengan buku ini, silakan klik tombol di bawah untuk link pembeliannya !

beli di lazadabeli di shopee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.