Jenis-jenis Busana Muslim Pria di Indonesia

Perkembangan busana muslim sekarang ini tidak hanya terbatas pada busana wanita saja. Busana muslim pria juga sudah mengalami kemajuan dari segi desain dan variasi dan tidak dapat dipungkiri bahwa secara desain dan penampilan busana muslim pria di Indonesia banyak di pengaruhi oleh budaya dan fashion di timur tengah khususnya Arab Saudi.

Kegemaran dan antusias kaum pria dari kalangan anak-anak hingga dewasa dalam memakai busana muslim akan tampak ketika mereka melakukan ibadah, momen hari-hari besar Islam, suasana bulan ramadhan, suasana lebaran, ziarah kubur, ziarah/silaturrahmi ke rumah keluarga dan lain-lain.

Berikut ini adalah jenis jenis busana muslim pria yang biasa dikenakan di Indonesia :

1. Baju Koko
Baju ini merupakan jenis baju muslim yang paling sering digunakan di Indonesia. Meskipun populer, ternyata baju Koko tidak berasal dari Indonesia, melainkan dari Tiongkok. Sebelum membeli baju Koko, sebaiknya memperhatikan bahan kain yang digunakan. Pilihlah yang bahannya menyerap keringat serta yang kualitas jahitannya bagus,juga sesuai dengan bentuk badan. Salah satu baju merek baju koko yang rekomended adalah Wadimor. Silakan klik gambar di bawah ini untuk membeli Baju koko Wadimor!

2. Kurta
Banyak yang menyamakan antara Koko dengan kurta, padahal mereka memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada panjang pakaian. Panjang kurta sampai lutut atau sedikit di atas lutut,sedangkan Koko jauh lebih pendek. Silakan klik gambar di bawah ini untuk membeli Kurta !

3. Celana Sirwal
Sirwal merupakan jenis celana yang pada awalnya dipakai di Arab Saudi dan negara negara timur tengah lainnya. Ciri khas yang membedakan dengan celana lain yaitu ukurannya yang lebar dan panjangnya di atas mata kaki. Silakan klik gambar di bawah ini untuk membeli Celana Sirwal!

4. Jubah
Pakaian ini berupa pakaian terusan pria yang warnanya cenderung polos, dan panjangnya sampai mata kaki. Busana muslim pria ini paling banyak digunakan ketika melakukan ibadah atau sholat di masjid karena terkesan nyaman dan simpel saat digunakan serta secara penampilan juga masih dalam koridor estetis. Silakan klik gambar di bawah ini untuk membeli Jubah!

5. Sarung
Di negeri muslim lain seperti di Mesir, sarung digunakan untuk tidur namun tidak di Indonesia, sarung identik dengan pakaian untuk melaksanakan shalat. Ini merupakan kebiasaan atau tradisi yang sudah turun temurun dari jaman dahulu dimana salah satu pakaian khas yang menandakan budaya lokal Indonesia adalah sarung. Jika dahulu semua sarung dibuat dengan cara tradisional atau tenun, saat ini sarung sudah anda yang diproduksi menggunakan mesin. Ada 3 merek sarung yangmenempati urutan teratas di Indonesia saat ini yaitu Gajah duduk, Wadimor dan Atlas. Silakan klik gambar di bawah ini untuk membeli sarung Wadimor di bawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *