Cara cepat Mengisi Polybag Untuk Bibit Budidaya Porang

Budidaya porang saat ini sedang menjadi salah satu primadona bagi para petani di Indonesia. Bagaimana tidak, komoditas yang diklaim sebagai umbi emas ini mampu menghasilkan ratusan juta bahkan sampai milyaran rupiah setiap 1 hektar lahan dengan asumsi masa panen hingga 2 tahun dan berat umbi mencapai  3-4 kg dengan harga 8 ribuan sampai 10 ribu per kilogramnya.

Perhitungan di atas sangatlah mungkin dan masuk akal karena dalam 1 hektar bisa ditanami dengan bibit porang hingga 50.000 pohon porang. Jika dijumlahkan keseluruhan hasil tersebut, bisa diestimasikan petani akan meraup hasil penjualan sebesar Rp 8.000 x 50.000 pohon x 3 kg = Rp. 1.5 milyar. Ini jika perlakuannya dari pembibitan hingga panen menggunakan metode yang ideal seperti pembibitan di polybag, pemupukan, pembedengan tanah, penyemprotan dan lain-lain.

Kali ini kita akan membahas salah satu tahap yang cukup penting dan sebenarnya tahap ini cukup penting namun banyak petani meng-skip atau mengabaikannya yaitu pembibitan porang di polybag. Untuk membuat media pembibitan porang di polybag dalam jumlah banyak hingga puluhan bahkan ratusan ribu, tentu dibutuhkan sebuah metode cara cepat untuk mengisi tiap polybag.

Tunas porang

Berikut ini langkah-langkah Cara cepat Mengisi Polybag Untuk Bibit Budidaya Porang :

  1. Siapkan pipa paralon 2,5 inch dengan panjang 20 cm.
  2. Potong secara miring 1/2 bagian dari pipa paralon tersebut.
  3. Siapkan Polybag dengan ukuran 12×12 cm
  4. Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi yang telah dibakar. Usahakan media tersebut gembur agar bibit porang yang disemai mudah tumbuh.
  5. Gunakan ujung pipa yang runcing untuk mengeruk media (tanah gembur) dan masukkan dalam polybag.
  6. Setiap memasukkan tanah ke dalam polybag usahakan menusuk-nusuk/menekan agar bagian bawah polybag terisi.
  7. Setelah polybag penuh, lipat bagian kedua sudut bawah polybag agar mudah ditata rapi dan tidak mudah miring dan rebah. Hal ini juga akan memudahkan kita saat perhitungan jumlah keseluruhan polybag yang telah diisi dengan media tumbuh.

Untuk lebih jelasnya, silakan saksikan video berikut ini tentang cara paling cepat mengisi polybag!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua khsusnya bagi petani porang yang lagi berlomba-lomba menanami lahan yang kosong dan selama ini tidak dimanfaatkan sebagaimana himbauan bapak menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *